Sabtu, 16 Juni 2012

PPL

B.    Pelaksanaan PPL (Praktek Terbimbing dan Mandiri)
1.    Kegiatan Praktek Mengajar
    Nama Sekolah    :   SMA Kartika VII-2 Kendari
Nama Mahasiswa    :   Suhardin
Mata Pelajaran        :   Sejarah 
Kelas                       :    X
Hari/Tanggal            :   Kamis, 30  SEPTEMBER – 14 OKTOBER 2011
    Kegiatan Praktek mengajar dibagi dalam 3 tahap kegiatan yaitu Praktek terbimbing, Praktek mandiri, dan ujian akhir. Selama Praktek terbimbing, penulis mendapatkan pembimbingan dan supervisi klinis dari guru pamong. Sedangkan Praktek mandiri dilakukan oleh penulis setelah pelaksanaan Praktek terbimbing dan dianggap mampu oleh guru pamong. Pelaksanaan Praktek terbimbing dan Praktek mandiri ini mulai dari tanggal 3O september sampai dengan 9 desember 2011 atau kurang lebih sekitar 15 minggu pelaksanaannya dan tiap minggu terdapat 3 kali Praktek mengajar dalam dua kelas, yaitu kelas X.2, X1 dan x4 . Dalam kegiatan bimbingan Praktek di sekolah, penulis yang ditempatkan di SMA Kartika VII-2 Kendari mendapatkan bimbingan dari guru pamong yang telah ditunjuk dari pihak sekolah untuk tiap program studi.
Beberapa kegiatan pada bimbingan Praktek di sekolah diantaranya adalah:
a)    Pelatihan Keterampilan Mengajar
Pada tahap ini, penulis sebagai calon guru diharapkan dapat mengintegrasikan atau menerapkan berbagai kemampuan secara utuh dalam situasi nyata di sekolah yang ditempatkan di bawah bimbingan guru pamong. Fokus utama dalam latihan keterampilan mengajar terbimbing adalah untuk persiapan mengajar yang persiapannya adalah siswa.
b)    Pelatihan Tugas-tugas Keguruan serta mengajar secara mandiri
Pelatihan keterampilan dilakukan selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran di lokasi KKP-PPL dimana tugas-tugas keguruan yang biasa dilakukan oleh guru di tambah keterampilan keahlian pribadi yang dimiliki mahasiswa.
Penulis diberi kesempatan secara mandiri untuk menerapkan secara utuh segala kemampuan keguruan dalam situasi nyata di sekolah. Namun guru pamong tetap memantau model pembelajaran yang diterapkan dengan mendiskusikan permasalahan yang ditemui Penulis di lapangan
2.    Kegiatan / Proses Belajar Mengajar di dalam Kelas
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Ketika masuk kelas yang dikerjakan guru adalah melihat keadaan kelas seperti kelengkapan belajar mengajar, dan menanyakan Pekerjaan Rumah (PR) yang telah diberikan.
2.    Guru membuka mata pelajaran dengan cara apersepsi yaitu menanyakan kepada siswa mengenai materi yang telah diajarkan sebelumnya dan orientasi materi yang akan diajarkan
3.    Pada saat membuka pelajaran guru memotivasi siswa agar giat belajar demi meraih cita-cita dan masa depan yang cerah
4.    Selanjutnya guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5.    Ketika guru bersangkutan memaparkan materi, perhatian siswa dipusatkan kepada guru dan materi yang akan disajikan.

b.    Kegiatan Inti
1.    Cara guru menyajikan materi pokok pelajaran adalah dengan menggunakan beberapa keterampilan mengajar dan guru selalu mengaktifkan siswa.
2.    Selama pelajaran berlangsung guru selalu memantau siswa apabila memberikan latihan untuk dipersentasikan di papan tulis
3.    Guru selalu mengajukan pertanyaan kepada siswa dan memberi siswa kesempatan dalam menjawab pertanyaan tersebut
4.    Selama pelajaran berlangsung siswa ada yang bertanya bila merasa kurang mengerti atau mengalami kesulitan dalam menyelesaikan latihan yang diberikan, dan suasana dalam belajarpun berjalan sebagai mana mestinya tanpa ada siswa yang mengganggu suasana belajar.
c.    Penutup
1.    Hal yang dilakukan oleh guru dalam mengakhiri pelajaran yaitu menarik kesimpulan
2.    Cara guru menilai hasil belajar siswa melalui tes tulisan
3.    Yang terakhir yaitu memberi tugas untuk dikerjakan di rumah dan menyampaikan materi selanjutnya.
Kesan umum terhadap kegiatan belajar mengajar secara universal, siswa sangat merespon dan aktif dalam proses belajar mengajar sehingga tercipta suasana mengajar yang cukup efisien namun ada siswa-siswa tertentu yang lambat dalam menerima pelajaran namun siswa tersebut dibimbing pada saat pemberian latihan untuk siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar