Sabtu, 16 Juni 2012

Pengertian sosiolinguistik

Pengertian Sosiolinguistik
Sosiolinguistik merupakan ilmu antar disiplin antara sosilogi dan sosiolinguistik, dua bidang ilmu empiris yang mempunyai kaitan sangat erat. Maka, untuk memahami apa sosiolinguistik itu, perlu lbih dahulu dibicarakan apa yang dimaksud dengan sosiologi dan sosiolinguistik. Tentang sosiologi telah batasa yang telah dibuat oleh para sosiologi yang bervariasi, tetapi yang intinya kira-kira adalah bahwa sosiologi merupakan kajian yang ojektif  dan ilmiah mengenai manusia di dalam masyarakat, dan mengenai lembaga-lembaga dan proses social yang ada dalam maasyarakat. Sosiologi berusaha mengenai bagaimana masyarakat itu terjadi, berlangnsung dan tetap ada.  Sedangkan linguistic adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa, atau bidang ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek  kajiannya. Dengan demikian, secara mudah dapat di katakanbahwa  sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat.
Sosiolinguistik menempatkan kedudukan bahasa dalam hubungannya dengan pemakayannya di dalam masyarakat. Ini berarti bahwa sosiolinguistik memandamng bahasa pertama-tama sebagai suatu  system social dan sistem dan komunikasi serta merupakan bagiyn dari masyarakat.
Fishman (dalam  chaer 2004:3) mengatakan bahwa sosiolinguistik adalah kajian tentang ciri khas variasi bahasa, fungsi-fungsi variasi bahasa dan pemakayan bahasa karena ketiga unsure ini selalu berinteraksi , berubah dan saling mengubah satu sama lain dalam satu masyarakat tutur.
Kridalaksana (dalam pateda, 1987:2 ) mengatakan bahwa sosiolinguitik cabang linguistic yang berusaha untuk menjelaskan cirri-ciri variasi bahasa yang menetapkan korelasi cirri- cirri variasi twersebut dengan cirri-ciri social.  Selain itu, Booij (dalam Pateda, 1987: 3 ) mengatakan bahwa sosiolinguitik adalah cabang linguistic yang mempelajari  factor-faktor social yang berperan dalam penggunaan bahasa dan pergaulan social.
Maijer (dalam Chaer 2004:4) mengatakan bahwa sosiolinguistik kajian mengenai bahasa dan pemakayannya dalam konteks social dan kebudayaan.
Berdasarkan pendapat beberapa para ahli tersebut, maka kita dapat mengemukakan bahwa sosiolinguistik adalah cabang linguistic yang mempelajari bahasa dan pemakayan bahasa dalam konteks social dan budaya dalam masayarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar