Sabtu, 16 Juni 2012

Latar belakang

1.1    Latar Belakang
       Pada dasarnya kemempuan yang ada dalam diri seseorang merupakan kemampuan bakat yang paling pokok dengan kemampuan itu seseorang mempuyai kesempatan untuk mengembangkan diri. Menulis merupakan salah satu ciri orang yang terpelajar yang digunakan untuk meyakinkan serta mempengaruhi orang lain dengan maksud baik. Sedangkan cirri-ciri tulisan menurut Ade Istein dan Pival dalam Tarigan (1981 : 7), menyatakan bahwa tulisan yang baik mencerminkan kemampuan seorang penulis menggunakan nada yang serasi, menyusun bahan yang tersedia menjadi satu kesatuan yang baik, melukiskan dengan jelas sehingga maknanya tidak samar-samar, dan mempergunakan ejaan dan tanda baca seksama, memberikan makna kata dan hubungan ketata bahasaan dalam kalimat-kalimat.
        Selanjutnya Peck dan Schulz sebagaimana dikutip dan dikemukakan oleh Tarigan (1981 : 29), berpendapat bahwa kemampuan itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui latihan yang cukup dan teratur serta pendidikan yang terprogram. Biasanya program dalam bahasa tulis yang direncanakan untuk mencapai tujuan-tujuan. Maka dari itu makalah ini akan menganalisis kesalahan-kesalahan  penulis dalam menulis sebuah laporan atau karya ilmiah yang  berupa skripsi, khususnya dalam penggunaan  atau Pemakaian Huruf Kapital Pada Skrpsi Dengan Judul ”Kemampuan menentukan Unsur Instrinsik Cerpen Siswa Kelas IX Negeri 2 Sampara.”
I.2  Masalah
         Adapun yang menjadi permasalahan dalam analisis ini adalah “Bagaimanakah pengunaan/pemakaian huruf kapital dalam penulisan skripsi mahasiswa?”

I.3  Tujuan dan Manfaat Analisis
I.3.1 Tujuan
         Adapun tujuan yang diharapkan dalam analisis ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam penulisan skripsi mahasiswa
I.3.2 Manfaat
         Manfaat yang hendak dicapai dalam analisis ini adalah sebagai berikut :
1.    Sebagai bahan masukan bagi mahasiswa dalam penulisan skripsi, sebagai salah satu syarat dalam memperoleh gelar sarjana.
2.    Sebagai perbaikan pada skripsi yang sudah ada.
3.    Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang tulis-menulis khususnya dalam penulisan skripsi.
I.4 Ruang Lingkup
           Analisis ini mengkaji tentang pengunaan/pemakain huruf besar atau huruf kapital dalam penulisan karya ilmiah seperti skripsi sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar