Sabtu, 16 Juni 2012

Potensi Pembelajaran

2.    Potensi Pembelajaran
Dengan melihat jumlah siswa dan guru yang ada di SMA Kartika VII-2 Kendari, diperoleh rasio jumlah guru terhadap jumlah siswa  sudah dapat menunjang lancarnya kegiatan proses pembelajaran dengan maksimal karena banyaknya guru tetap meskipun masih ada sebagian merupakan tenaga honor/bantu. Ditambah lagi dengan adanya mahasiswa KKP, ini menunjukan kegiatan belajar mengajar yang terlaksana dengan baik dan sebagaimana mestinya.
Adapun rinciannya sebagai berikut :
1.    Kepala sekolah        :  1 orang
2.    Wakil kepala sekolah    :  1 orang
3.    Tenaga pengajar        :  60 orang
4.    Tata usaha            :  1 orang
5.    Teknisi lab.komputer        :  - orang
6.    Laboran lab.IPA            :  - orang
7.    Jumlah siswa keseluruhan    : 1063 orang
Seorang guru dituntut agar menciptakan hubungan yang baik dengan keluarga siswa, antara guru dan siswa  dan juga membina hubungan antara siswa (Depdiknas 2006: hal 4).
Pendidikan dalam hal ini guru merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada mayarakat. Sedangkan Pengajaran melambangkan pelaksanaan tugas rutin, penelitian melambangkan upaya pengembangan profesi, sedang pengabdian melambangkan pemberian kontribusi sosial kepada masyarakat akibat prestasi yang dicapai.
Pencapaian prestasi dalam bidang pendidikan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya untuk mencapai tujuan umum pendidikan, penambahan secara terus menerus baik dalam segi materi, metode evaluasi harus dilaksanakan oleh semua pihak, terutama guru. Salah satu perubahan yang terlihat jelas telah dilakukan di Indonesia yaitu telah berulang kali terjadi perubahan kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
SMA Kartika VII-2 Kendari merupakan salah satu sekolah yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia pendidikan. SMA Kartika VII-2 Kendari adalah salah satu sekolah yang ada di Kota Kendari yang sudah banyak melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berprestasi serta tidak diragukan lagi akan kemampuannya
Secara umum, siswa SMA Kartika VII-2 Kendari mempunyai kemampuan tersendiri, yaitu kemauan untuk belajar. Hal ini nampak pada proses pembelajaran. Keantusiasan dan perhatian mereka dalam menerima pelajaran. Hal ini juga didukung oleh guru-guru yang profesional. Guru selalu memberikan motivasi kepada siswa dan tidak membiarkan jam pelajaran kosong sebagaimana peraturanS yang diterapkan di sekolah tersebut agar  tetap memperhatikan jadwal mengajar sehingga kedisiplinan belajar dapat berjalan dengan baik.
SMA Kartika VII-2 Kendari sudah cukup memiliki kemampuan yang memadai yaitu didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup untuk melakukan pelayanan pendidikan yang secara maksimal. Selain itu, SMA Kartika VII-2 Kendari juga didukung oleh tenaga pendidik yang berkualitas serta memiliki tingkat pendidikan rata-rata sarjana (S1) bahkan ada yang sudah Master (S2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar