Sabtu, 16 Juni 2012

Analisis hasil

C.    Analisis Hasil Pelaksanaan dan Refleksi
1.    Hasil Bimbingan di Kampus
Dalam kegiatan pembimbingan di kampus Penulis sebagai mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) terintegrasi PPL telah mengikuti kegiatan di kampus yang dilaksanakan secara terbimbing kurang lebih satu minggu. Dalam kegiatan ini, Penulis sebagai calon guru dibekali dengan berbagai pengetahuan terutama masalah penyusunan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
 Adapun penerapan dalam pembelajaran baik itu model pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran juga dicantumkan dalam penyusunan RPP tersebut dengan ini diupayakan agar dalam penyajian pembelajaran nanti siswa diutamakan lebih aktif. Pada tahap ini Penulis sebagai mahasiswa KKP terintegrasi PPL dipersiapkan sebagaimana layaknya seorang guru dengan berbagai perlengkapan-perlengkapan yang akan digunakan di tempat KKP terutama perangkat pembelajaran. Hasil yang dicapai selama bimbingan dikampus adalah:
a.    Dapat menyusun silabus berdasarkan kurikulum yang baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
b.    Dilatih untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus yang telah dibuat oleh kelompok dari program studi masing-masing.
c.    Memahami dan menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang aktual sebagaimana sesuai dengan bidang studi masing-masing
1.        Faktor Pendukung
Faktor pendukung dalam kegiatan pembimbingan di kampus adalah :
a.    Tersedianya contoh-contoh perangkat pembelajaran yang berlaku tentang kurikulum baru (KTSP)
b.    Pemateri cukup berkualitas dalam menyajikan materi.
c.    Dosen pembimbing mengarahkan segala kemampuannya untuk membimbing mahasiswa dalam menerapkan model-model pembelajaran dan bagaimana memotivasi siswa agar ingin belajar.

2.    Faktor Penghambat
Dalam pembimbingan di kampus tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis KTSP merupakan hal baru dan informasi-informasi tentang KTSP juga masih sangat kurang hal ini disebabkan masih terpengaruh dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
2.    Hasil Bimbingan di Sekolah
a)    Kegiatan Observasi (Hasil Selama Minggu Pertama)
Dalam kegiatan pembimbingan praktek di Sekolah Penulis sebagai mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) terintegrasi PPL yang ditempatkan pada SMA Kartika VII-2 Kendari pada minggu pertama melakukan observasi baik perangkat pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah serta aturan yang berlaku di sekolah. Penulis mendapat bimbingan oleh guru pamong masing-masing maupun guru-guru yang ada di SMA Kartika VII-2 Kendari. Selanjutnya Penulis sebagai mahasiswa KKP-PPL diberikan kesempatan melakukan kegiatan observasi tentang kegiatan mengajar guru di kelas. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
    Faktor Pendukung
Dalam bimbingan praktek di sekolah faktor pendukung yang dirasakan oleh penulis adalah:
1).    Kepala Sekolah beserta seluruh dewan guru turut membantu mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) di dalam pengenalan lingkungan.
2).    Guru pamong beserta dosen mendiskusikan tentang bagaimana proses belajar dan mengajar (PBM) yang diajarkan agar dapat tercapai hasil yang diinginkan.

    Faktor Penghambat
Dalam bimbingan praktek di sekolah faktor penghambat yang dialami oleh penulis adalah Kapasitas ruangan kelas tidak sesuai dengan jumlah siswa.
b)    Kegiatan Praktek Mengajar
•    Praktek Mengajar pada Minggu Kedua sampai minggu terakhir
    Faktor pendukung
Guru pamong memberikan bimbingan secara intensif kepada Penulis dalam melaksanakan praktek mengajar di kelas dan selalu mendampingi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Di akhir kegiatan pembelajaran guru pamong bersama Penulis melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
    Faktor penghambat
Penulis belum mengetahui secara pasti kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Secara umum siswa masih kurang memiliki konsep dasar ekonomi  terhadap materi pelajaran yang diberikan terutama dalam masalah permintaan, penawaran,dan harga keseimbangan, sehingga guru harus memberikan pemahaman yang lebih mendasar dalam penyajian materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar