Sabtu, 16 Juni 2012

Metode penelitian

Metode dan Jenis Penelitian
 Metode yang dilakukan dalam  penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif karena penelitian ini berusaha menyajikan kenyataan-kenyataan secara objektif sesuai dengan kenyataan yang ditemukan dilapangan tentang penggunaan campur kode  dalam peristiwa jual beli dipasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara. Metode kualitatif karena penelitian ini menguraikan fakta dan fenomena  penggunaan campur kode dalam bentuk kata,  gabungan kata atau kalimat dalam sruktur yang benar.
3.1.2 Jenis Penelitian
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan oleh karena itu peneliti langnsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data sesuai dengan fenomena bahasa yanghidup pada penuturnya, sehingga ini berdasarkan fakta atau bahasayang dipaparkan apa adanya.
3.2 Data dan Sumber data
3.1.2 data
Data dalam penelitian adalah tuturan yang digunakan dalam peristiwa jual beli di pasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara.tuturan –tuituran ini merupakan campur kode yang  digunakan masyarakat dalam peristiwa jual beli di pasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara.
3.2.2 sumber data
Sumber data penelitian ini adalah hasil tuturan yang ada d pasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara. Sumber informasi 9 informan dalam penelitian ini adalah para pelaku pasar yang terdiri atas penjual dan pembeli yakni  penjual dan pembeli barang pecah belah, ikan, sayur, dan pakayan  yang ada di pasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara.
3.4 Metode dan Pengumpulan data
Metode dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Pengamatan berperan serta yakni metode yang dilakukan dengan cara mengamati objek yang di teliti dan encatat fenomena penggunaan bahasa yang sebenarnya.
2.    Wawancara terbuka yaitu  suatu teknik pengumpulan data yang peneliti menyam[aikan terlebih dahulu kepada informan mengenai tujuan wawancara dan batasan data yang akan dikumpulkan.
3.    Rekaman yaitu metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara merekam percakapan informan, terutama percakapan yang brhubungan dengan penggunaan  campur kode dalam peristiwa jual beli di pasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara
4.    Cata yaitu metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara mencatat percakapan yang berhubungan dengan campur kode bahasa Indonesia dengan bahasa daerah yang digunakan masyarakat pasar sentral kulinsusu kabupaten buton utara.
3.5 Metode Anlisis Data
Metode analisis data dalam penelitan ini dilakukan dengan cara menyeleksi data-data yang telah terkumpul. Data-data yang sudah terseleksi kemudian di kelompokan sesuai dengan versinya masing-masing dan sesuai dengan penelitiannya. Setelah data di kelompokan lalu di analisis secara deskriptif.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar